Belajar Membaca Dimana-mana

Bookmark and Share
Belajar Membaca Dimana-mana - Terkadang saya suka terkaget-kaget dengan kemampuan anakku yang sekarang masih berusia 6,5 tahun. Bagaimana tidak, dulu sering kali kami khawatir, anak-anak seusianya sudah banyak yang bisa membaca, akan tetapi anak kami belum lancar membaca.
Kami sebagai orang tuanya sadar, bahwa kami tidak boleh menuntut lebih pada anak kami. Karena bagi kami, biarkanlah anak tumbuh alami sesuai dengan perkembangan nya. Akan tetapi kekhawatiran itu tetap ada.
Meskipun kami sadar bahwa masing masing anak mempunyai kemampuan masing-masing, kami tetap memacu anak kami dengan berbagai metode belajar membaca. Metode belajar membaca yang kami terapkan adalah metode belajar membaca sambil bermain, dengan tujuan utama, agar anak menikmati permainan dengan tanpa disadari bahwa dia melakukan proses belajar membaca.
Dulu rasanya penasaran, kapan ya anakku bisa membaca, akan tetapi sekarang saya suka di bikin terkaget-kaget oleh anakku. Kadang-kadang sekarang dia suka menyeletuk dengan kata-kata tertentu, eh…apa yang dikatakan anakku, eh tidak tahunnya ternyata dia sedang mengeja kata-kata dalam tulisan, terkadang di lampu merah saat berhenti maupun di toko saat kami jalan-jalan.
Yah.. itulah dunia anak-anak, dia tidak bisa kita paksa untuk berkembang secepat seperti yang dituntut orang tuanya. Akan tetapi dia akan menunjukkan kemampuannya jika saatnya sudah tiba. Akan tetapi saya sadar, bahwa harus selalu membimbing dan menjaganya, agar potensi-potensi yang dimilikinya segera muncul. Termasuk dalam belajar membaca, kita harus selalu mengajarkan belajar membaca, akan tetapi harus sabar, karena kemampuan anak tidak akan muncul secara instan.

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Unknown mengatakan...

menceritakan pelajaran mengajar anak-anak iya maz..
hehehe..

Posting Komentar

Komentar Anda sangat penting untuk membangun BLOG ini menjadi lebih baik lagi, Terima Kasih untuk tidak SPAMMING!!!
Your comment is very important to build this BLOG better, Thanks for not SPAMMING!!!